Selasa, 19 Februari 2013

TIPS SEHAT MELAWAN STRESS


INILAH ANEKA CARA MELAWAN STRES

Disadari atau tidak kehidupan modern yang kita jalani sehari-hari membuat kita mengalami stres.

Stres tak bisa dihindari dalam kehidupan modern yang kita alami sehari-hari. Aneka macam stres dapat timbul baik disengaja ataupun tidak, sehingga amat penting bagi kita untuk mengantisipasi sekaligus mensiasati stres agar tak menganggu kita.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk melawan stres. Anda bisa mengikuti aneka triknya seperti yang dipaparkan Elson Haas, MD di majalah Experience Life berikut.

Bersenang-Senang

Jadwalkan waktu untuk menikmati aktivitas yang Anda sukai sehingga bisa membantu Anda merasa lebih rileks.

Ungkapkan Perasaan

Emosi membutuhkan saluran untuk diluapkan secara rutin. Perasaan yang tak dikeluarkan dan terpendam dalam hati akan menjadi rasa sakit sekaligus penyakit baik psikis maupun fisik.

Cukup Tidur

Kurang tidur akan menganggu kemampuan tubuh Anda untuk beristirahat, menyembuhkan serta mengisi kembali tenaga. Jika Anda kesulitan untuk tidur, carilah penyebabnya dan mintalah bantuan untuk menanganinya.

Olahraga

Melakukan aktivitas olahraga secara rutin merupakan salah satu cara terbaik untuk mengusir tekanan dan membangun energi. Selain itu olahraga juga membantu Anda mendapatkan perspektif yang lebih baik mengenai hidup dan mendapatkan lebih banyak kendali atas diri Anda sendiri.

Relaksasi

Latihan untuk menghirup nafas dalam, meditasi serta visualisasi membantu kita melepaskan kecemasan dan membuat kita mendapatkan ketenangan dan kedamaian sekaligus melepaskan stres.

Kembangkan hubungan baik

Amat penting bagi kita untuk memiliki teman yang bisa dipercaya dan mampu memberikan dukungan. Mereka yang Anda cintai dan menerima kita apa adanya adalah orang yang dapat mendengarkan dan memberikan nasihat, tanpa mengkritik atau menghakimi. 

Nikmati cinta serta hubungan intim

Hubungan cinta yang saling menerima satu sama lainnya, lahir dan batin membuat kita bisa lepas dari stres. Hubungan seks yang berkualitas juga bisa mengurangi tingkat stres yang kita hadapi. Memiliki pasangan yang mengerti, menerima kita apa adanya bisa menjadi terapi untuk mencegah sekaligus mengurangi stres yang terbaik.

Ubahlah persepsi dan sikap
Saat kita menghadapi sesuatu berbeda dengan cara pandang yang kita miliki, merupakan cara bijaksana untuk menelaah dan beradaptasi. Amat penting untuk belajar merespon situasi dalam hidup dan tak hanya bereaksi. Ini jauh lebih baik ketimbang Anda merasa frustasi, mengomel ataupun mengumpat. Semua itu hanya akan memperburuk kondisi kesehatan Anda.

Cobalah melihat sesuatu dalam bingkai yang lebih besar. Lihatlah tantangan atau penghalang sebagai sesuatu agar Anda bisa berkembang sekaligus belajar. Anda bisa mengaplikasikan ajaran agama atau spiritual saat menghadapi situasi seperti ini agar mendapatkan kedamaian pikiran dan hati. Kompromi seperti ini juga amat mengurangi stres yang biasa kita hadapi.

Konsumsi makanan bergizi

Memakan makanan yang tak bergizi yang kaya gula atau kandungan kimia serta lemak jahat bisa membuat tubuh kita menjadi stres. Kondisi ini akan mengurangi kemampuan sistem imun tubuh, menambah berat beban kerja liver serta memaksa organ tubuh bekerja lebih banyak untuk menjaga keseimbangannya.

Cobalah mengonsumsi makanan yang sehat, kaya nutrisi sehingga organ tubuh kita tak bekerja keras, sistem imun bekerja lebih baik. Ini akan membuat kita mampu menangkal aneka penyakit sekaligus menghindari stres yang timbul dari dalam tubuh kita karena mengonsumsi makanan yang tidak sehat. 


Sumber : BeritaSatu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar