Selasa, 19 Februari 2013

TIPS SEHAT


Seorang dokter tak hanya memberikan "teori" kepada pasiennya bagaimana pola hidup sehat. Tetapi ia juga menjalankannya, tak sekedar teori. Salah satunya dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK.
Sudah lima tahun belakangan Samuel sangat disiplin menerapkan pola hidup sehat. Ia bangun sekitar pukul 04.30 atau 05.00 WIB, lalu 45 menit latihan beban, dilanjutkan 45 menit treadmill. Olahraga ini ia lakukan empat sampai lima kali dalam seminggu.
"Setelah itu saya sarapan pagi dengan satu sendok makan oatmeal, dicampur bekatul. Rasanya nggak enak, tapi seratnya tinggi," ujar Samuel.
Samuel juga mengonsumsi 10 porsi buah, 10 macam buah, dan 10 warna buah. Salah satu menu sarapannya adalah jus tomat. Yaitu empat buah tomat merah direbus, lalu diblender, dan campur es batu. Khusus untuk buah dan sayur berwarna merah dan oranye mengandung karoten, termasuk lekopen (pada tomat) tidak bisa diserap usus, agar penyerapannyua sempurna harus ditambahkan dengan minyak. Pilih minyak yang sehat, seperti minyak canola dan ekstra virgin olive oil.
Dalam kesempatan yang sama, Samuel bersama dengan Erwin dan Jana Parengkuan meluncurkan sebuah buku bertajuk "Smart Eating, 1.000 Jurus Makan Pintar & Hidup Bugar". Buku berisi tentang informasi gizi, menu makanan dan minuman sehat, jadwal makan, resep awet muda, trik makan sehat di luar rumah, hingga mengatasi anak sulit makan. Buku tersebut sudah bisa didapatkan di semua toko buku Gramedia.
"Buku ini berangkat dari kerisauan saya tentang penyakit yang semakin hari, semakin banyak. Belakangan terkena pada anak-anak dan remaja," pungkasnya.
Sumber : Tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar